Kamis, 17 Maret 2016

MAKALAH CILIATA



RESUME KE 2
MATA KULIAH PROTISTA 
KELOMPOK 4 :
 Azhari Ulfah Aidah           (150341607261)
Dhanial Fahira Yasmin           ( 150341601023) 
     Hanina Salma                      (150341600427)
                                                 Efriani Sipahutar                 (150341600694)
                                                 Irine Niandari                      (150341605700)
OFFERING    : B
TEMPAT/ WAKTU PENULISAN : Malang/ 3 Februari 2016
TOPIK            :  CILLIATA
PETA KONSEP
Ciliophora merupakan protozoa yang memiliki silia sebagai alat geraknya. Ciliophora, disebut juga C         iliata, berperan sebagai konsumen bakteri (Prokaryotes). Dimana bakteri memainkan peranan penting dalam menjaga bumi sebagai tempat yang cocok untuk tempat tinggal dan protozoa memainkan peranan penting dalam mengendalikannya. Sebagian besar Protozoa uniseluler memiliki ukuran tubuh antara (2--1.000) μm, protozoa termasuk eukariot. Biasanya hidup di dalam air, namun ada juga yang ditemukan di dalam tanah bahkan di dalam tubuh organisme lain sebagai parasit. Di perairan laut ataupun air tawar, Protozoa berperan sebagai zooplankton. Ciliata atau Infusoria merupakan kelompok terbesar di Protozoa, di mana anggotanya sekitar 8.000 species. Ciri khas filum ini adalah alat geraknya berupa cilia (rambut getar). Cilia tersebut ada yang terdapat di seluruh tubuh, ada pula yang hanya di bagian tertentu. Selain sebagai alat gerak, cilia pun berguna membantu mengumpulkan makanan. Habitat kelompok ini adalah air tawar dan air laut yang mengandung zat organik tinggi.

ISI RANGKUMAN
Cilliata
Habitat
Kebanyakan ciliata hidup bebas. Relatif sedikit yang parasit, dan hanya satu spesies, Balantidium coli yang diketahui menyebabkan penyakit pada manusia. Beberapa ciliata lainnya menyebabkan penyakit pada ikan, yang lainnya adalah parasit atau commensals pada berbagai invertebrata. Sebagian besar yang lain hidup di saluran pencernaan mamalia, di mana mereka menjalankan aktivitas untuk menstabilkan populasi besar bakteri simbiotik yang memecah selulosa dalam makanan hewan. Ciliata yang hidup bebas dapat memakan bakteri, ganggang, atau bahkan ciliata lainnya; Didinium adalah pemburu yang rakus dan konsumen ciliata lainnya. Beberapa ciliata bersimbiosis dengan bakteri atau ganggang. Ciliata yang hidup bebas dapat ditemukan hampir di mana saja di air, namun bentuk yang berbeda mendominasi dalam habitat yang berbeda. Ciliata dalam tanah cenderung berbentuk kecil yang dapat membentuk kista resisten untuk bertahan hidup lama ketika kondisi kering. Tintinnids berlimpah di plankton laut, di mana mereka dan ciliates lain mungkin mengkonsumsi sampai 90% dari produksi bakteri plankton dan ganggang. Ciliates besar umum di lingkungan air tawar, khususnya air yang telah diperkaya zat organik, misalnya oleh limbah (Linn dan small, 1991)
Reproduksi
Ciliata bereproduksi secara aseksual dengan pembelahan: mikronukleus mengalami mitosis, sedangkan pada sebagian besar ciliates, macronucleus hanya terpisah menjadi dua. Namun, ciliata juga bereproduksi secara seksual, melalui proses yang dikenal sebagai konjugasi. Konjugasi sering disebabkan oleh kekurangan makanan. Dua ciliata dengan tipe kawin yang berlawanan datang mendekat, bersama-sama dan membentuk sebuah jembatan sitoplasmik antara dua sel, membagi micromuclei oleh meiosis, macronuclei hancur, dan konjugasi sel-sel haploid micronuclei akan tertukar melalui koneksi sitoplasma. Mereka kemudian memisahkan macronuclei, baru reformasi dari micronuclei, dan membagi. Esensi reproduksi seksual adalah membentuk organisme baru dari gabungan bahan genetik dari orang tua. Setelah konjugasi, masing-masing pasangan Ciliata telah mengakuisisi materi genetik baru, dan membagi menimbulkan progeni dengan kombinasi gen baru. Hal ini penting untuk kelangsungan hidup garis keturunan Ciliata; ciliata paling tidak dapat mereproduksi selamanya dengan pembelahan aseksual, dan akhirnya mati jika tidak terjadi konjugasi (Linn dan small, 1991)
Pergerakan Ciliata
Ciliata merupakan protista bersel satu yang permukaan tubuhnya ditumbuhi rambut getar atau yang sering kali disebut dengan silia. Memiliki alat gerak berupa silia (rambut getar) pada permukaan tubuhnya. Silia yang terdapat disekitar mulut berguna untuk menimbulkan efek pusaran air yang membantu pengumpulan makanan. Bentuk dari pergerakannya yaitu melayang-layang di dalam air,dengan menggetarkan silianya.
Morfologi Ciliata
Kehadiran silia yang menutupi sel dari organisme merupakan ciri khas utama dari kelompok ini, oleh karena itu dinamai phylum Ciliophora. Namun, perbedaan sitologi utama adalah kehadiran dua jenis inti, yaitu mikronukleus dan macronucleus. Radiasi adaptif kelompok ini selama evolusi telah menghasilkanbeberapa spesies sangat bagus dan beragam. Beberapa adalah sessile (misalnya Suctorians atau Stentor) dan menangkap makanan dengan tentakel yang menembus sitoplasma dan menarik mangsa, atau dengan kompleks membranelles mendorong air yang membawa partikel aliran air ke dalam rongga vakuola makanan bucal yang terbentuk. Meskipun sebagian besar ciliates "telanjang", beberapa menghasilkan mineralisasi Lorica (Tintinnids) atau mensekresi skala organik (misalnya Lepidotrachelophyllum). Penyusunan silia pada permukaan tubuh dan di wilayah aparatus oral, kehadiran struktur makanan yang khusus, dan organisasi dari pita subpellicular dari mikrotubulus adalah kriteria penting yang digunakan dalam menciptakan kategori taksonomi (Roger, 1988).
beberapa spesies sangat bagus dan beragam. Beberapa adalah sessile (misalnya Suctorians atau Stentor) dan menangkap makanan dengan tentakel yang menembus sitoplasma dan menarik mangsa, atau dengan kompleks membranelles mendorong air yang membawa partikel aliran air ke dalam rongga vakuola makanan bucal yang terbentuk. Meskipun sebagian besar ciliates "telanjang", beberapa menghasilkan mineralisasi Lorica (Tintinnids) atau mensekresi skala organik (misalnya Lepidotrachelophyllum). Penyusunan silia pada permukaan tubuh dan di wilayah aparatus oral, kehadiran struktur makanan yang khusus, dan organisasi dari pita subpellicular dari mikrotubulus adalah kriteria penting yang digunakan dalam menciptakan kategori taksonomi (Roger, 1988).

Gambar.1 Cilliophora

Gambar.2 Cillophora
Gambar.3 Cilliphora
Pertanyaan
1.      Bagaimana cara membedakan cilliata satu dengan yang lain ketika melakukan reproduksi secara seksual dengan konjugasi?
2.      Apakah satu paramecium  bisa melakukan dua reproduksi sekaligus? Dan kenapa bisa begitu?
3.      Apakah cilliata mempunyai kemungkinan untuk memakan sesama jenisnya atau kanibal?
4.      Bagaimana cara membasmi cilliata yang ada pada usus besar yang menyebabkan diare pada manusia?
5.      Apakah kecacatan makronukleus dalam tubuh cilliata dapat mempengaruhi reproduksinya?


Refleksi diri
            Dari matakuliah Protista ini, kami semakin mengetahui secara mendalam apa itu cilliata, bagaimana bentuknya, bagaimana siklus hidupnya, peranannya dalam kehidupan sehari-hari dan dimana habitatnya. Bentuk nyata dari cilliata sudah kelompok kami temukan saat praktikum protista mirip hewan dengan menggunakan air kolam. Contoh dari cilliata yang kami temukan adalah paramecium. Lebih mudah menemukan cilliata daripada flagellata saat melakukan praktikum. Hampir semua sample mengandung cilliata terutama pada air kolam yang diberi perlakuan jerami. Praktikum yang kami lakukan diperkuat dengan adanya teori berupa adanya presentasi dari kelompok 2. Materi yang diberikan memberikan penjelasan lebih dalam dari yang dipelajari dahulu saat SMA. Diharapkan setelah mendapatkan teori beserta praktik mahasiswa menjadi lebih paham tentang materi cilliata.
DAFTAR RUJUKAN
Anonim. 2011. Cilliata, (Online),
Hall. 1961. Protozoology. Japan: Prentice-Hall, Inc.
Roger, A.O. 1988. Comparative Protozoology, Ecology, Physiology, and Life
History. New York: Sringer- Verlag New York Inc.
Anonim.2011. Cilliophora, (online), (http://biologi.um.ac.id/wp-content/uploads/2011/12/bab-iii.pdf) diakses pada tangal 31 Januari 2016


Tidak ada komentar:

Posting Komentar