Rabu, 25 Januari 2017

Jangan Hanya Menikmati Karya Orang Lain

Hallo semua.
kali ini saya tidak memposting tentang artikel, jurnal, atau sejenisnya. kali ini saya ingin teman-teman tau kenapa sih punya blog itu penting? teman-temanku sayang kita adalah generasi cyber (90an ke atas). kita hidup dimana semua serba online. belanja online, ada ojek online, ada pesan makanan online sampai ada pijat online (korban Go-Jek ^-^). nah dari sini semua orang terus mengembangkan dirinya menjadi lebih baik, menjadi lebih bermanfaat bagi orang lain. termasuk kita teman-teman. kita harus bermanfaat bagi orang lain agar hidup kita punya tujuan. masa hidup cuman makan-tidur-pup aja? hihi. salah satu cara paling simpel yang bisa kita guanakan agar bermanfaat bagi orang lain adalah dengan membuat blog. lho kenapa kok blog? iyaa, soalnya diblog kita bisa sharing informasi, sharing pengalaman yang insaAllah berguna bagi para pembacanya. ilmunya jangan cuman buat sendiri aja, tugasnya jangan disimpan difile aja. ilmu dan tugas yang kamu dapatkan silahkan di share bagaimanapun cara kamu menyampaikannya. begitupula tugas, jangan hanya untuk dikumpulkan ke dosen saja tapi perlihatkan ke semua orang siapa tau bermanfaat bagi mereka. bisa saja dengan blog kita mereka bisa mendapat rujukan baru seperti yang ada di blog kita, atau mungkin untuk siswa/siswi SMA dapat dijadikan rujukan.
dari penjelasan tentang sharing tadi kita juga harus bertanggung jawab teman-teman. jangan ngepost sesuatu yang berbau negatif, atau mungking membuat postingan yang berbau plagiatisme. no no no, itu gak baik teman-temanku. just be yourself, dear. do what do you love.kita tidak dapat apa-apa dari prilaku plagiatusme.
nah, mungkin kalian bertanya kok tiba-tiba bahas ini sih? kok postingannya bukan tentang artikel sih? jadi begini. saya baru 3 hari dengan sekarang masuk kuliah di UM pada semester 4. nah di semester 4 in ada matakuliah belajar dan pembelajaran yang dibimbing oleh dosen saya Bapak Hadi. beliau menugaskan kami untuk membuat blog agar semua materi yang ada dapat diupload diblog masing-masing kelompok. akan tetapi tadi bapak hadi mengganti rencana beliau yang pertama 1 blog 1 kelompok menjadi 1 blog 1 anak dan 1 refleksi. setelah mendengar penjelasan dari beliau saya mengerti apa maksud beliau mengubah tugas yang kami kerjakan. beliau berusaha mendorong kami menjadi orang yang bermanfaat. bukan cuman sekedar nilai kelompok dan IP tapi lebih bagaiman cara memanfaatkan sesuatu yang ada dengan tindakan-tindakan yang positif. nah darisitu postingan ini berasal. jadi saya mungkin akan sering memposting pengalaman dan refleksi saya. saya senang dengan kebijakan beliau karena itu dapat meningkatkan rasa ingin berbagi mahasiswa kepada masyarakat. semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman-teman semua. Amiiieeen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar