Pembelajaran kooperatif merupakan bentuk
pembelajaran yan berlandaskan kontruktivis (siswa belajar secara aktif dengan
mencari sendiri materi pembelajaran sedangkan guru hanya sebagai fasilitator).
Unsur-unsur dasar pembelajaran kooperatif
1.
Siswa memiliki sudut pandang bahwa
mereka tenggelam atau berenang bersama. Maksudnya tidak hanya guru yang aktif
dalam pembelajaran dengan memberikan metode pembelajaran yang ada. Akan tetapi
siswalah yang justru berperan penting dalam pencarian materi tersebut
2.
Siswa memiliki tanggung jawab
3.
Siswa memiliki tuujuan yang sama
4.
Belajar secara berkelompok
5.
Siswa membagi tugas dengan
berbagai tanggung jawab diantara para anggota kelompok
Ciri pembelajaran kooperatif
1.
Setiap individu memiliki peran dan
tanggung jawab
2.
Adanya interaksi antar siswa
terkait dengan kegiatan belajar mengajar
3.
Guru bertugas untuk mengamati
proses pembelajaran yang terjadi dan baru akan berinteraksi jika dibutiuhkan
Tujuan
1.
Dapat memahami konsep-konseo yang
sulit
2.
Siswa belajar menerima perbedaan setiap
individu
3.
Sosial siswa berkembang
Tipe pembelajaran kooperatif
1.
Student teams achievmen division
1 kelompok terdiri dari 4-5
orang, bersifat heterogen, memiliki
kemampuan sedang, tinggi dan rendah. Diberikan lembar kerja untuk menuntaskan
materinya. Siswa saling membantu untuk memahami materi yang dipelajari. Setiap
satu atau 2 minggu diberi kuis secara individu dan mengumumkan skor yang
dicapat setiap individu untuk mengetahui perkembangan siswa
2.
Investigasi Kelompok
Dibagi kelompok dengan
anggota 5-6 siswa yang bersifat heterogen dan memiliki satu kesukaan pada suatu
topik. Kemudian topik tersebut dibahas dan dipersentasikan
3.
Pendekatan Struktual
Dibagi menjadi beberapa
kelompok dengan tiap kelompok berisi 2-3 anggota. Struktur dibagi menjadi dua
yaitu untuk meningkatkan keterampilan akademik dan yang kedua meningkatkan
keterampilan sosial.
4.
Jigsaw
Dibagi menjadi beberapa
kelompok. Setiap kelompok diberi materi yang berbeda dan setiap anggota
kelompok harus memahami materi yang diberikan. Kemudian setiap anggota kelompok
pergi ke kelompok yang lain untuk menjelaskan materi tentang kelompoknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar