Selasa, 11 April 2017

KOOPERATIF

Pembelajaran kooperatif merupakan bentuk pembelajaran yan berlandaskan kontruktivis (siswa belajar secara aktif dengan mencari sendiri materi pembelajaran sedangkan guru hanya sebagai fasilitator).
Unsur-unsur dasar pembelajaran kooperatif
1.       Siswa memiliki sudut pandang bahwa mereka tenggelam atau berenang bersama. Maksudnya tidak hanya guru yang aktif dalam pembelajaran dengan memberikan metode pembelajaran yang ada. Akan tetapi siswalah yang justru berperan penting dalam pencarian materi tersebut
2.       Siswa memiliki tanggung jawab
3.       Siswa memiliki tuujuan yang sama
4.       Belajar secara berkelompok
5.       Siswa membagi tugas dengan berbagai tanggung jawab diantara para anggota kelompok
Ciri pembelajaran kooperatif
1.       Setiap individu memiliki peran dan tanggung jawab
2.       Adanya interaksi antar siswa terkait dengan kegiatan belajar mengajar
3.       Guru bertugas untuk mengamati proses pembelajaran yang terjadi dan baru akan berinteraksi jika dibutiuhkan

Tujuan
1.       Dapat memahami konsep-konseo yang sulit
2.       Siswa belajar menerima perbedaan setiap individu
3.       Sosial siswa berkembang

Tipe pembelajaran kooperatif
1.       Student teams achievmen division
1 kelompok terdiri dari 4-5 orang, bersifat heterogen,  memiliki kemampuan sedang, tinggi dan rendah. Diberikan lembar kerja untuk menuntaskan materinya. Siswa saling membantu untuk memahami materi yang dipelajari. Setiap satu atau 2 minggu diberi kuis secara individu dan mengumumkan skor yang dicapat setiap individu untuk mengetahui perkembangan siswa
2.       Investigasi Kelompok
Dibagi kelompok dengan anggota 5-6 siswa yang bersifat heterogen dan memiliki satu kesukaan pada suatu topik. Kemudian topik tersebut dibahas dan dipersentasikan

3.       Pendekatan Struktual
Dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tiap kelompok berisi 2-3 anggota. Struktur dibagi menjadi dua yaitu untuk meningkatkan keterampilan akademik dan yang kedua meningkatkan keterampilan sosial.

4.       Jigsaw
Dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diberi materi yang berbeda dan setiap anggota kelompok harus memahami materi yang diberikan. Kemudian setiap anggota kelompok pergi ke kelompok yang lain untuk menjelaskan materi tentang kelompoknya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar