Minggu, 16 April 2017

REFLEKSI PROBLEM SOLVING AND PROBLEM BASED LEARNING

Problem Solving
Pengertian : Mengembangkan kemampuan berfikir rangkaian aktivitas pembelajaran  yangmenekankan kepada proses penyelesaaian secara ilmiah.

Tujuan Problem Solving
a. Mengembangkan kemampuan berfikir siswa dengan  cara pemecahan masalah
b. Memberikan pengetahuan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari
c. Belajar bertindak dalam situasi baru.
d. Belajar bekerja sistematis dalam memecahkan masalah

Kelebihan
1.       Belajar menjadi relevan dengan kehidupan
2.       Siswa dapat mengatasi masalah dalam kehidupan
3.       Siswa berfikir secara kreatif
4.       Melatih siswa untuk mengidentifikasi dan analisis

Kekurangan
1.       Jika siswa tidak memiliki minat maka masalah tidak selsai
2.      Tidak semua materi pelajaran mengandung masalah.
3.      Memerlukan perencanaan yang teratur dan matang
4.      Tidak efektif jika terdapat beberapa siswa yang pasif.


Problem Based Learning
Pengertian : menggunakan masalah sebagai sumber belajarnya sehingga siswa berfikir kritis

Tujuan
1.       Masalah terselsaikan secara efektif
2.       Siswa belajar mandiri
3.       Meningkatkan daya ingat

Karakteristik PBL
1.       Menggunakan masalah sbg pembelajaranannya
2.       Menggunakan penyelidikan secara autentik
3.       Menghasilkan produk
4.       Kolaborasi dan kerja sama
5.       Menggunakan intersdisiplin keilmuan

Tahap pembelajaran PBL
1.       Penyampaian ide
2.       Pemberian masalah
3.       Mencari jawaban
4.       Menarik kesimpulan

Kelebihan
a.  Menciptakan  pendidikan disekolah yang nyata dan relevan dengan kehidupan sehari-hari
b. Dapat membiasakan para siswa menghadapi permasalahan di dalam kehidupan.
c. Memancing siswa untuk berfikir secara kreatif dan kritis.

Kekurangan
1.       Keberhasilan berlangsum lama
2.       Perlu ditujang oleh buku untuk menambah pemahaman.



4 komentar:

  1. trimakasih infonya sangat bermanfaat :)
    tetapi ada yang masih saya bingungkan, menurut anda sebenarnya model pembelajaran apa yang cocok untuk problem solving?

    BalasHapus
  2. terimakasih atas pertanyaannya saudara Awwalulikhtiar. menurut saya model pembelajaran yang cocok adalah model pembelajaran STAD dimana siswa dibagi menjadi beberapa kelompok (4-5 siswa/kelompok) yang diharapkan semua siswa dapat aktif dalam proses belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih jawabannya mbak Haninah Salmah :)
      lalu menurut anda kenapa model pembelajaran STAD cocok menggunakan problem solving?

      Hapus
  3. sudah bagus postingannya, sebenernya pada metode pbl apakah ada juga tercantum metode discovery learning? karena terkadang kedua metode ini susah dibedakan

    BalasHapus