PAKEM merupakan
singkatan dari Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Aktif artinya
proses pembelajaran guru harus bisa menciptakan suasana sedemikian rupa
sehingga siswa aktif bertanya, menjawab, dan mengemukakan gagasan. Menurut teori
ini belajar merupakan proses dimana siswa aktif dalam membangun pengetahuannya,
bukan proses pasif yang hanya menerima materi dari guru tentang
pengetahuan. Sehingga, jika pembelajaran tidak memberikan kesempatan
kepada siswa untuk berperan aktif, maka pembelajaran tersebut bertentangan
dengan hakikat belajar.
Peran aktif dari
siswa sangat penting dalam rangka pembentukan pribadi yang kreatif, sehingga mampu menghasilkan sesuatu untuk
kepentingan dirinya dan orang lain. Guru menciptakan kegiatan belajar yang
beragam sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. Menyenangkan artinya
suasana dalam proses pembelajaran dapat
menyenangkan sehingga siswa dapat berkonsentrasi pada belajar.
efektif .
Maksudnya pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan dapat meningkatkan
efektivitas pembelajaran, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar
siswa.
Prinsip PAKEM
1. Mengalami: siswa
dapat terlibat secara aktif dalam segala proses pembelajaran.
2. Komunikasi: siswa aktif melakukan interaksi dengan gurunya
2. Komunikasi: siswa aktif melakukan interaksi dengan gurunya
3. Refkesi: dimana
peserta didik diharapkan dapat mengingat kembali tentang apa yang dilakukan
Hal-hal yang
harus diperhatikan dalam melaksanakan Pakem
1. Memahami sifat
yang dimiliki anak
2. Mengenal anak
secara perorangan
3. Memanfaatkan
perilaku anak dalam pengorganisasian belajar
4. Mengembangkan
kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah
5. Mengembangkan
ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik
6. Memanfaatkan
lingkungan sebagai sumber belajar
7. Memberikan
umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan belajar
8. Membedakan
antara aktif fisik dan aktif mental
Tidak ada komentar:
Posting Komentar