Minggu, 02 April 2017

PEMBELAJARAN CTL (Contextual Teaching and Learning)

Strategi pembelajaran adalah semua komponen materi/paket pengajaran dan prosedur yang digunakan untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pengajaran. Menurut Nurhadi dalam Sugiyanto (2007) CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah konsep belajar yang mendorong guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkan dan situasi dunia nyata siswa. 
1.      Strategi pembelajaran CTL merupakan strategi dimana siswa berperan secara aktif dalam proses pembelajaran. Pada pembelajaran ini sisea didorong untuk aktif dalam mempelajari sesuatu
2.      Belajar sesuai dengan pembelajaran CTL adalah bukam hanya mendengarkan atau mencatat, tetapi  melalui pengalaman dari siswa itu sendiri. Dengan pembelajaranan CTL siswa diharapkan dapat menemukan materi yang dipelajarinya secara mandiri.
Konsep dasar strategi pembelajaran kontekstual
1.      Mendorong siswa untuk  menerapkan konsep dalam kehidupan maksudnya CTL bukan hanya bertujuan untuk siswa memahami materi ajan tetapi bagaimana materi pelajaran itu dapat diterapkan dalam kehidupan sehar-harinya’
2.      CTL menekankan kepada keterlibatan siswa untuk menemukan materi, maksudnya proses belajar diorientasikan pada proses pengalaman secara langsung
3.      CTL mendorong siswa agar dapat melibatkan tentang hal yang dipelajari dengan peristiwa disekitarnya.
Strategi Pembelajaran CTL 
a. Pembelajaran berbasis masalah
b. Menggunakan konteks yang beragam
c. Mempertimbangkan kebhinekaan siswa
d. Memberdayakan siswa untuk belajar sendiri
e. Belajar melalui kolaborasi
f. Menggunakan penelitian autentik
g. Mengejar standar tinggi

Penerapan Pembelajaran CTL
a. Relating : belajar dengan konteks kenyataan disekitar siswa
b. Experiencing : belajar dari pengalaman
c. Applying : belajar yang berfokus pada kehidupan sehari-hari.
d. Cooperative : Belajar merupakan proses kolaboratif dan kooperatif melalui kegiatan kelompok, komunikasi interpersonal atau hubunngan intersubjektif.
e. Trasfering :Belajar menenkankan pada terwujudnya kemampuan memanfaatkan pengetahuan dalam situasi atau konteks baru.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar