Inquiri : pembelajaran secara langsung
Menurut BNSP : pembelajaran IPA di MI/SD harus belajar
secara inquiri. Untuk menumbuhkan kemampuan bekerja ilmiah, bersikap ilmiah,
dan ingatan yang kuat
Pembelajaran sains pada SD tidak bersikap inquiri namun
secra hapalan sehingga tidak bermakna lama
6 standar guru dapat melaksanakan pembelajaran sains
1.
Dapat merencanakan pembelajaran sains berbasis
inkuiri
2.
Melaksanakan pembelajarana sains yg mengarah dan
memfasilitasi siswa dalam belajafr
3.
Melaksanakan penelian yang sesuai dengan
kegiatan pembelajaran siswa
4.
Mengembangkan pembelajaran dari lingkungan
5.
Menciptakan masyarakat sains
Straategi pembelajaran
-
Kelompok pro-kontra
Seorang pendidik membagi kelompok dalam sekelas menjadi 2 kelompok yaitu
kelompok pro dan kontra sesuai dengan pendapat mereka
-
Lempar bola kertas buta
Pendidik membai 2 kelompok yang sama besar, membuat pertanyaan didalam
kertas kemudain melempar ke kelompok lain, yang terkena kertas harus menjawab
pertanyaan
-
Bertamu ke kelompok tetangga.
Membagi menjadi beberaoa kelompok. Setiap anggota kelompok menyebar
menjadi ahli materi untuk menjelaskan materi kelompoknya pada klompok lain
-
Bola musik asyik
Setiap siswa membuat pertanyaan dikertas. Kertas diopor hingga musik
selsai. Siswa yg memegang kertas terakhir akan menjawab soal.
Prinsip penggunaan strategi pembelajaran inkuiri
-
Berorientasi pada pengembangan intelektual
-
Prinsip bertanya. Guru sebagai penanya, dimana
guru sebagai pemicu siswa untuk berfirkir
-
Prinsip interaksi
-
Prinsip belajar untuk berpikir
-
Prinsip kpeterbukaan.
Langkah pelaksanaan strategi pembelajaran inkuiri
-
Orientasi
-
Merumuskan masalah
-
Mengajukan hipotesis
-
Mengumpulkan data
-
Menguji hipotesis
-
Merumuskan kesimpulan
Kendala dalam implemetasi
-
Strategi pembelajaran inkuiri menekankan pada
proses belajar dan hasil belajar
-
Budaya belajara siswa indonesia : menerima materi
dari guru. Sehingga bertentangan dengan belajar inkuiri
-
Sulit merencanakan pembelajaran, oleh karena terbentur
dengan kebiasaan siswa dalam belajar
-
Memerlukan waktu yang panjang, sehingga guru
sulit untuk menyesuaikannya.
Keunggulan
1.
Menekankan kepada pengembangan aspek kognetif,
afektir, psikomotor
Model pembelajaran inquiri
1.
Induksi
Siswa mencari dan meyelsaikan masalahnya sendiri.
2.
Deduiksi
Siswa mendapat masalah dari guru dan menyelsaikannnya sendri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar