Selasa, 11 April 2017

REFLEKSI METODE KOOPERATIF

Definisi : pembelajaran yang melibatkan 4-5 orang yang bekerja secara berkelompok untuk mencapai tujuan dengan adanya struktur atau dorongan sehingga membentuk adanya interaksi
Tujuan :
-          Meningkatkan kinerja siswa dalam tugas akademik
-          Meneirma teman-temannya yang mempunyai berbagai perbedaan latar belakang
-          Mengembangkan keterampilan siswa
Manfaat pembelajaran kooperatif
-          Meningkat pencurahan waktu pada tugas
-          Rasa harga diri menjadi lebih tinggi
-          Penerimaan terhadap perbedaan
-          Apatis berkurang
-          Pemahaman bertambah
-          Meningkatkan motivasi lebih  besar

Karakteristik belajar kooperatif
1.       Siswa belajar dalam kelompok menuntaskan materi
2.       Anggota kelompok ada yang tinggi, sedang dan rendah
3.       Jika memungkinkan anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku dan jenis kelamin yang berbeda
4.       Penghargaan lebih berorientasi pada kelompok

Unsur (komponen)
-          Ketergantungan positif : ada 2 pertanggung jawaban kelompok yang pertama bagaimana individu menjelaskan kepada temannya
-          Tanggung jawab individu
-          Kemampuan sosialisasi
-          Tatap muka  : siswa harus saling mengenal
-          Evaluasi proses kelompok
-          Meningkatkan efektifitas siswa

Langkah pembelajaran
1.       Present goal and set : menjelaskan tujuan dan memotivasi siswa
2.       Present information
3.       Assist team  and studeny
4.       Mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar
5.       Membimbing kelompok belajar
6.       Evaluasi
7.       Memberikan penghargaan

Tipe pembelajaran kooperatif
-          STAD : Guru membentuk kelompok
-          TPS : guru memberi masalah, dikerjakan scara individu, di share ke kelas
-          Jigsaw : masing-masing kelompok memahami topik tertentu terus memencar ke kelompok lain
-          NHT
-          Mencari pasangan : anggota terdiri dari 2 orang yang didapatkan dari kotak undian.
-          CIRC : pembelajaran membaca yang berbasangan. Dimana 1 kelompok membaca dan kelompok lain menyimpulkan

Kelebihan
-          Siswa tidak bergantung pada guru
-          Dapat mengembangkan kemampuan ide siswa
-          Melatih siswa untuk menghargai orang lain dan menerima perbedaan
-          Meningkatkan kemampuan siswa dalam komunikasi

Kekurangan
-          Harus memiliki fasilitas yang memadai
-          Topik permasalahan yang dibahas cenderung meluas sehingga waktunya lama
-          Terkadang terjadi seseorang yang menjadi dominan
-          Siswa tidak konsentrasi dalam pembelajaran dan membahas yang diluar topik



Tidak ada komentar:

Posting Komentar