Definisi : pembelajaran yang melibatkan 4-5 orang yang
bekerja secara berkelompok untuk mencapai tujuan dengan adanya struktur atau
dorongan sehingga membentuk adanya interaksi
Tujuan :
-
Meningkatkan kinerja siswa dalam tugas akademik
-
Meneirma teman-temannya yang mempunyai berbagai
perbedaan latar belakang
-
Mengembangkan keterampilan siswa
Manfaat pembelajaran kooperatif
-
Meningkat pencurahan waktu pada tugas
-
Rasa harga diri menjadi lebih tinggi
-
Penerimaan terhadap perbedaan
-
Apatis berkurang
-
Pemahaman bertambah
-
Meningkatkan motivasi lebih besar
Karakteristik belajar kooperatif
1.
Siswa belajar dalam kelompok menuntaskan materi
2.
Anggota kelompok ada yang tinggi, sedang dan
rendah
3.
Jika memungkinkan anggota kelompok berasal dari
ras, budaya, suku dan jenis kelamin yang berbeda
4.
Penghargaan lebih berorientasi pada kelompok
Unsur (komponen)
-
Ketergantungan positif : ada 2 pertanggung
jawaban kelompok yang pertama bagaimana individu menjelaskan kepada temannya
-
Tanggung jawab individu
-
Kemampuan sosialisasi
-
Tatap muka : siswa harus saling mengenal
-
Evaluasi proses kelompok
-
Meningkatkan efektifitas siswa
Langkah pembelajaran
1.
Present goal and set : menjelaskan tujuan dan
memotivasi siswa
2.
Present information
3.
Assist team
and studeny
4.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar
5.
Membimbing kelompok belajar
6.
Evaluasi
7.
Memberikan penghargaan
Tipe pembelajaran kooperatif
-
STAD : Guru membentuk kelompok
-
TPS : guru memberi masalah, dikerjakan scara
individu, di share ke kelas
-
Jigsaw : masing-masing kelompok memahami topik
tertentu terus memencar ke kelompok lain
-
NHT
-
Mencari pasangan : anggota terdiri dari 2 orang
yang didapatkan dari kotak undian.
-
CIRC : pembelajaran membaca yang berbasangan. Dimana
1 kelompok membaca dan kelompok lain menyimpulkan
Kelebihan
-
Siswa tidak bergantung pada guru
-
Dapat mengembangkan kemampuan ide siswa
-
Melatih siswa untuk menghargai orang lain dan
menerima perbedaan
-
Meningkatkan kemampuan siswa dalam komunikasi
Kekurangan
-
Harus memiliki fasilitas yang memadai
-
Topik permasalahan yang dibahas cenderung meluas
sehingga waktunya lama
-
Terkadang terjadi seseorang yang menjadi dominan
-
Siswa tidak konsentrasi dalam pembelajaran dan
membahas yang diluar topik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar