Problem Based Learning
(PBL) merupakan suatu model pembelajaran yang menitikberakan peran aktif siswa
dengan cara memberikan siswa suatu permasalahan agar siswa mampu menyelesaikan
masalah yang ada dan kemudian menarik kesimpulan dengan menentukan sendiri
langkahnya.
Metode
pembelajaran problem solving merupakan rangkaian
aktivitas pembelajaran yang menekankan kepada proses
penyelesaaian secara ilmiah.metode ini tidak mengharapakan siswahanya sekedar
mendengarkan,mencatat,kemudian menghafal materi pelajaran akan tetapi melalui metode problem solving siswa
aktif berpikir,berkomunikasi,mencari dan mengolah data
dan akhirnya menarik kesimpilan.
Tujuan Problem Solving
a.
Mengembangkan kemampuan berfikir,terutama dalam mencari sebab akibat dan
jawaban dari permasalahan
b. Memberikan
pengetahuan yang bermanfaat dalam aktifitas sehari-hari.
c. Belajar
bertindak dalam situasi baru.
d. Belajar
bekerja sistematis dalam memecahkan masalah
Karakteristik Metode Pembelajaran Problem Solving
a. Metode problem solving
merupakan rangkaian aktivitas pembelajaran.
b. Aktivitas pembelajaran diarahkan untuk
menyelesaikan masalah.metode ini menempatkan masalah sebagai kunci dari proses
pembelajaran.
c. Pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan
pendekatan berpikir secara ilmiah
Kelebihan Metode Problem Solving
a. Metode ini membuat pendidikan disekolah
menjadi lebih nyata dan berhubungan dengan aktivitas sehari-hari.
b. Dapat membiasakan para siswa
menghadapi permasalahan di dalam kehidupan.
c. Memancing siswa untuk berfikir secara
kreatif dan kritis.
Tujuan Problem Based Learning
1.
Pemecahan masalah
dengan penuh inisiatif dan antusias.
2.
Kemampuan belajar
mandiri dan menjadi habit (kebiasaan) dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Mampu berkolaborasi
secara efektif, efisien dan menarik dalam sebuah kerja tim.
4.
Ingin meningkatkan
secara maksimal daya tahan pengingatan atau retensi.
Ciri-Ciri Dari Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL)
1.
Menggunakan masalah
sebagai fakta serta alternative solusi yang dapat dilakukan.
2.
Memfokuskan pada
interdisiplin keilmuan.
3.
Menggunakan
penyelidikan secara otentik.
4.
Hasil solusi akhir
dapat dipertanggungjawabkan.
Persamaan Antara Problem Solving Dan PBL
1. Pembelajaran menggunakan masalah atau
pemecahan masalah.
2. Guru hanya berperan sebagai pendidik
dan fasilitator. Sedangkan siswa berperan aktif untuk berfikir dan mencari
jawaban dari permasalahan yang diberikan oleh guru.
3. Langkah pembelajaran problem solving
dan PBL, sama yaitu pada langkah awal pemberian masalah dari guru.
Perbedaan Antara Problem Solving Dan PBL
Perbedaan kedua model pembelajaran ini
terletak pada masalah yang dipecahkan. Dimana pada
problem based learning permasalahan yang diberikan membutuhkan penelitian dalam
menyelsaikan permasalah yang sehingga bersifat lebih nyata dibanding problem
solving. Masalah problem solving dapat diselsaikan hanya dengan diskusi saja.
bagaimana membuat suasana kelas pada jenjang SMA menjadi lebih hidup dan semua siawa terlibat aktif saat diterapkan model belajar PBL?
BalasHapusterimakasih saudara Iim Rohima atas pertanyaannya. dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok dalam menyelsaikan masalah yang dilakukan dengan penelitian dan menyampaikan hasil penelitian dari masalah yag diberikan didepan kelas.
Hapuswah nice info nih. postingannya sudah bagus. bisa ditambah gambar biar lebih menarik. semangat hanina
BalasHapus