Minggu, 09 April 2017

REFLEKSI PAKEM

PAKEM merupakan kepanjangan dari pembelajaran yang aktif dan kreatif. maksudnya   aspek learning is fun menjadi salah satu aspek dalam pembelajaran PAKEM, disamping upaya untuk erus memotivasi anak agar mereka mengadakan eksplorasi, kreatif, dan bereksperimen terus dalam pembelajaran.

1. Pembelajaran menyenangkan 
dimana dalam  pembelajaran siswa dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran secara optimal. pada pembelajaran ini yang berperan aktif adala siswa. Jadi pembelajaran menjadi bermakna bila siswa dilibatkan untuk berpartisipasi pada berbagai aktivitas kegiatan pembelajaran, sementara guru berperan sebagai fasilitator dan mediator sehingga siswa mampu berperan dan berpartisipasi aktif dalam mengaktualisasikan kemampuannya di dalam dan di luar kelas.

2. Pembelajaran Aktif
Pembelajaran aktif maksudnya pembelajaran dilakukan dengan lebih banyak melibatkan aktivitas siswa dalam mengkaji topik-topik pembelajaran, sehingga siswa mendapatkan berbagai pengalaman yang dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensinya. dalam hal ini guru hanya sebagai fasilitator.

3. Pembelajaran Kreatif
Pembelajaran kreatif maksudnya dalam pembelajaran perlu memunculkan motivasi dan memunculkan kreativitas siswa selama pembelajaran berlangsung, seperti menggunakan beberapa metode dan strategi yang menarik, misalnya kerja kelompok, bermain peran, dan pemecahan masalah.
agar pembelajaran menjadi efektif , guru harus memerhatikan beberapa hal, sebagai berikut:
(1) pengelolaan tempat belajar,
(2) pengelolaan siswa,
(3) pengelolaan kegiatan pembelajaran,
(4) pengelolaan konten/materi pelajaran, dan
(5) pengelolaan media dan sumber belajar.

4. Pembelajaran Menyenangkan
Pembelajaran menyenangkan maksudnya suatu proses pembelajaran yang di dalamnya terdapat suatu kohesi yang kuat antara guru dan siswa, tanpa ada perasaan terpaksa atau tertekan. Dengan kata lain, pembelajaran menyenangkan adalah adanya pola hubungan yang baik antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar