Humanistik
lebih melihat kepribadian individu. Teori ini dapat dimanfaatkan asalkan
tujuannya memanusiakan manusia. Teori ini cocok untuk diterapkan pada pelajaran
ilmu sosial. Indicator dari keberhasilan
teori ini adalah individu mengalami perubahan ke arah yang lebih baik
berdasarkan kemauannya sendiri. Menurut Combs, prilaku tidak bak adalah
melakukan susatu yang tidak diminati
Menurut
Mashlow didalam diri manusia ada dua hal yaitu
1. Usaha
positif untuk berkembang
2. Menolak
sesuatu yang menghambat perkembangan
Menurut
Rogers setiap indovidu adalah positif dan menolak teor behavioristik. Rogers menjelaskan
bahwa perlunya sikao saling menghargai tanpa berprasangka.
Asumsi
Humanistik
1. Kecendrungan
formatif : manusia berkembang dari sederhana menuju hal yang kompleks dengan
kreasinya sendiri
Konstruksi
humanism :
- organisme
- medan fenomena (pengalaman)
- diri/ self : kesadaran diri
Pada
aplikasinya teori ini digunakan dalam bidang bimbingan dan konseling.
Molis
berpendapat bahwa ada 2 elemen manusia yaitu:
1. Elemen
kognitif : tentang berfikir, logika, kemampuan verbal
2. Elemen
efektif : perasaan, fantasi
Aplikasi
dalam pembelajaran
1. Guru
: sebagai fasilitator dan motivator
2. Siswa
: bersifat aktif fan bebas mencari ilmu.
Kritik
humanusme :
1. Terlalu
optmis secara naïf
2. Tidak
mempercayai kadanya sifat buruk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar