Selasa, 28 Februari 2017

REFLEKSI HUMANISME

Humanistik lebih melihat kepribadian individu. Teori ini dapat dimanfaatkan asalkan tujuannya memanusiakan manusia. Teori ini cocok untuk diterapkan pada pelajaran ilmu sosial.  Indicator dari keberhasilan teori ini adalah individu mengalami perubahan ke arah yang lebih baik berdasarkan kemauannya sendiri. Menurut Combs, prilaku tidak bak adalah melakukan  susatu yang tidak diminati
Menurut Mashlow didalam diri manusia ada dua hal yaitu
1.      Usaha positif untuk berkembang
2.      Menolak sesuatu yang menghambat perkembangan
Menurut Rogers setiap indovidu adalah positif dan menolak teor behavioristik. Rogers menjelaskan bahwa perlunya sikao saling menghargai tanpa berprasangka.
Asumsi Humanistik
1.      Kecendrungan formatif : manusia berkembang dari sederhana menuju hal yang kompleks dengan kreasinya sendiri

Konstruksi humanism :
- organisme
- medan fenomena (pengalaman)
- diri/ self : kesadaran diri
Pada aplikasinya teori ini digunakan dalam bidang bimbingan dan konseling.
Molis berpendapat bahwa ada 2 elemen manusia yaitu:
1.      Elemen kognitif : tentang berfikir, logika, kemampuan verbal
2.      Elemen efektif : perasaan, fantasi

Aplikasi dalam pembelajaran
1.      Guru : sebagai fasilitator dan motivator
2.      Siswa : bersifat aktif fan bebas mencari ilmu.
Kritik humanusme :
1.      Terlalu optmis secara naïf
2.      Tidak mempercayai kadanya sifat buruk

                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar